Informasi Otomotif @BosMobil

Hemat Pemakaian Bahan Bakar Minyak


Meningkatnya harga bahan bakar minyak yang non subsidi membuat banyak orang berusaha untuk menghemat bahan bakar yang dikonsumsi oleh kendaraan. Apalagi timbul wacana bahwa pembatasan ataupun tidak bolehnya pemakaian bahan bakar minyak yang bersubsidi. Apakah anda mau akrab dengan pom bensin untuk terus-terusan mengisi bensin mobil anda? Tim BosMobil melalui bantuan dari salah satu bengkel umum yaitu Asco Motorsport mau berbagi tips untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan kesayangan anda. Berikut beberapa tips nya.

Perawatan Rutin Mesin

Jika mesin mobil tidak sehat, tentunya akan membuat mesin mobil anda tidak bekerja secara prima. Hal ini dapat membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil anda terasa berat untuk berakselerasi. Ujung-ujungnya akan memboroskan konsumsi bahan bakar minyak pada mobil anda.

Memakai  Oli Jenis Sport
Pemakaian oli jenis sport pada mesin kendaraan anda mempunyai efek kepada mesin agar  mesin bekerja lebih enteng. Efek dari kerja mesin enteng akan menambah tenaga mobil anda. Selanjutnya, efek dari kerja mesin lebih enteng akan membuat konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan anda lebih irit.

Knalpot Standar
Pergantian knalpot standar ke knalpot berjenis free flow akan mengakibatkan efek boros bahan bakar minyak, karena knalpot berjenis free flow tidak mempunyai sekat di dalam tabung itu sendiri. Sedangkan knalpot standar dari pabrikan mempunyai sekat yang memang sudah dihitung oleh pabrikan itu sendiri. Solusinya, gunakan knalpot yang biasa atau standar dari pabrikan. Ini dapat membuat mobil anda akan tetap irit. Selain itu ada beberapa cara untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda dengan cara mengemudi yang tepat. Berikut ini adalah tips nya.
Hindari Putaran Mesin Yang Tinggi
Pada saat berkendara, usahakan maksimal putaran mesin adalah 3000 RPM. Sebisa mungkin perpindahan perseneling tepat pada waktunya. Hal ini dapat membantu menghemat bahan bakar minyak pada kendaraan anda.

Jangan Menggunakan Air Conditioner Di Tingkat Tertinggi
Penggunaan Air Conditioner di tingkat tertinggi akan membuat pemborosan konsumsi bahan  bakar minyak yang sangat boros, karena jika pada saat A/C di tingkat tertinggi akan membuat kompresor A/C hidup lebih lama dibandingkan di tingkat normal. Jika kompresor hidup lebih lama, otomatis mesin bekerja lebih berat.Jadi gunakan sebijak mungkin dalam pemakaian A/C.

Jangan Boros Listrik Pada Kendaraan
Boros listrik pada kendaraan bisa diartikan dengan penambahan audio system yang berlebihan. Bisa juga diartikan dengan mendengarkan lagu di tingkat volume maksimal, atau juga menyalakan layar pada head unit yang mempunyai LCD tanpa ditonton. Intinya gunakan seperlunya saja.

Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban
Jika tekanan ban pada kendaraan mengalami kurang angin, akan membuat traksi ban pada aspal meningkat. Tetapi ada efek sampingnya juga yaitu mesin akan bekerja lebih berat, dan berefek konsumsi bahan bakar minyak menjadi lebih boros. Usahakan periksa tekanan angin ban agar tetap normal. Gunakan juga ukuran ban yang ditetapkan dari pabrikan.

Sekian beberapa tips dari tim BosMobil melalui bantuan workshop Asco Motorsport. Selamat mencoba.

http://www.bosmobil.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s