Informasi Otomotif @BosMobil

Pentingnya Peredam Untuk Audio di Mobil


Peredam Audio

Saat ini banyak orang yang memodifikasi mobilnya dengan memasang sistem audio. Mereka memasang sistem audio yang mahal agar bisa menghasilkan suara yang bagus sesuai dengan harapannya. Tetapi banyak yang melupakan untuk memasang peredam pada mobilnya. Mungkin kalau dilihat dari barangnya, fungsinya hanya sedikit. Padahal sangat besar manfaat yang didapat dengan memasang peredam pada mobil. Ricky Susanto dari Revealing Sound  mengamini pentingnya pemasangan peredam di mobil untuk memaksimalkan sistem audio. Ricky menjelaskan bahwa bodi mobil terutama mobil dari Jepang bahannya sangat tipis, dan bahan interior terbuat dari plastik. Dengan tipisnya bahan bodi mobil akan membuat suara lain dari luar mobil masuk ke dalam. Hal ini tentunya mengganggu suara yang dihasilkan speaker yang berakibat tidak maksimalnya sistem audio pada mobil. “Dengan dipasangnya peredam, interior mobil akan lebih ideal. Dan juga jika dipasangnya peredam pada doortrim, akan berefek hilangnya getaran pada interior. Intinya agar mobil lebih rigid, dan seolah-olah ruangan mobil akan seperti di rumah.” bilang Ricky. Fungsi lain dari peredam adalah membuat mobil nyaman.

Untuk kategori harian, Pemasangan peredam pada mobil yang terpenting adalah pintu, lantai, dan atap. “Biasanya pemasangan peredam pada pintu depan membantu meredam suara dari luar, dan fungsi lainnya adalah sebagai box pada speaker depan. Hasilnya suara bass akan lebih terdengar.” ucap Ricky. Pemasangan peredam pada lantai dan atap juga meredam suara dari bawah dan atas. Misalnya pada saat hujan, suara ‘tik-tik-tik, bunyi hujan..’ bisa tereduksi.

Untuk kategori ekstrim, pemasangan peredam lebih banyak daripada yang untuk harian. Contohnya seperti kap mesin, bagasi, pilar, spakbor, firewall, dan lain-lain yang bisa dipasangkan peredam. “Kalau di spakbor di pasang peredam, untuk meredam suara dari ban pada saat mobil berjalan, juga untuk meredam getaran.” bilang Ricky.Biasanya untuk mengikuti kontes Sound Quality karena pada sistem ini dibutuhkan ruangan yang benar-benar ideal. Tentu akan memaksimalkan suara yang dihasilkan dari masing-masing speaker.

Untuk pemasangan peredam kategori harian, dibutuhkan sekitar 15-20 lembar dan dibutuhkan waktu 3 hari. Untuk kategori ekstrim tentunya lebih banyak lagi yang dibutuhkan, misalnya sampai 100 lembar dan dibutuhkan waktu sampai 1 minggu. “Untuk yang ekstrim, biasanya gua bongkar semua bagian interior, jadi semua bagian bisa terlapisi peredam.” bisik Ricky.

Dengan pemasangan peredam, akan menambah bobot hingga 30 kilogram bahkan lebih. Untuk masalah biaya, harga peredam bervariasi karena terdapat berbagai jenis peredam. Misalnya peredam karet harganya 120 ribu rupiah, sedangkan yang bahan aspal harganya 80-90 ribu rupiah. “Biasanya yang bahannya karet dipasang untuk pintu, kemudian yang berbahan aspal untuk lantai dasar. Ada juga yang berbahan aluminium di bagian atasnya, biasanya dipasang di atap dan firewall.” tutup Ricky.

Bagi yang mau menghilankan suara yang masuk dari luar mobil, atau mau membuat mobil semakin nyaman, opsi pemasangan peredam bisa dipilih. Peredam bisa dipasang di Revealing Sound yang berada di Jalan Raya Serpong KM8, Rukan Sentra Niaga No. 81 . Mau informasi lebih lanjut, silahkan hubungi 5399438 atau 021-92986990

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s