Informasi Otomotif @BosMobil

Perawatan Body Cat Mobil di musim Hujan, >>


Mungkin pembahasan mengenai perawatan bodi kendaraan sudah sering kali kita dengar, mulai dari cara perawatan catnya bahkan sampai dengan cara pemandian bodi kendaraan agar lapisan catnya tetap fresh alias segar.

Di awal tahun ini dengan faktor cuaca yang kurang sedikit mendukung akibat curah hujan yang tak menentu, pasti membuat tampilan kendaraan Anda sedikit kusam seperti tak terawat. Padahal justru di saat-saat seperti inilah perawatan mobil harus benar-benar terjaga. Untuk hal ini, Bosmobil memiliki tips seputar perawatan yang diberikan langsung oleh salah satu workshop ternama di bilangan Jakarta Timur, Brilliant Custom Paint yang dijuragani oleh Harris.

“Seperti pada umumnya dalam merawat cat body, biasanya  kita harus ekstra sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ucap Harris. Kenapa harus sabar? maklum merawat kendaraan agar tetap memilki warna yang segar memang banyak proses pengerjaanya, terlebih bila Anda mengerjakannya sendiri dan tak mau dibawa ke salon mobil. Sedikit mirip layaknya perawatan wanita lah, kalu mau tetap cantik kan harus ada perawatannya, bukan…?

“Ada sedikit trik mudahnya dalam perawatan kendaraan yang mungkin dapat dilakukan pemilik kendaraan dalam melakukan perawatan pada kendaraanya, salah satu tentunya dengan mencuci kendaraan yang kotor menggunakan shampoo khusus,” ujarnya.


Mau tau cara apa aja yang dapat membuat eksterior kendaraan Anda terjaga, simak beberapa tips dari Brilliant Custom Paint & Bodykit di bawah ini :

1.Di musim hujan ini, usahakan mobil Anda sering dicuci sesegera mungkin, terlebih bila habis terkena air hujan atau kotoran. Hal ini memungkinkan dapat merusak cat kendaraan Anda, karena air hujan biasanya memilki kandungan zat tertentu yang dapat merusak bodi kendaraan bila dibiarkan begitu saja. Selain itu air hujan juga dapat menimbulkan fleks layaknya jamur lhoo…

2.Perhatikan selalu bila Anda sedang mencuci kendaraan Anda, harap dan wajib gunakan shampoo khusus untuk mencuci mobil dan jangan pernah mencoba-coba untuk menggunakan sabun biasa layaknya diterjen. Dan dalam trik pencucian bilas dari atas ke bawah jangan kebalikan karena kotoran bisa tidak turun dan dapat merusak body dengan goresan halus. Untuk membersikan kotoran membandel seperti terkena TAR atau aspal  biasanya di pasaran sudah ada cairan khusus  tinggal kita bisa memilih yang mana dan mungkin membutuhkan sedikit waktu extra.

3.Bila Anda tidak sempat untuk mencuci mobil sehabis hujan, di karenakan Anda kelelahan  sehabis pulang kantor  cukup di lap kering saja di bagian kap mesin, dan di buka kap mesinya agar keluar hawa panas nya, karena ini bisa menimbulakan jamur dan bintik hitam akibat pengendapan sisa air hujan.

4.Bila memiliki waktu luang, usahakan mobil kesayangan Anda sesekali di wax di salon mobil dan jangan segan-segan untuk bertanya-tanya kepada mekanik. Namun bila sibuk , Anda bisa melakukanya di akhir minggu untuk dalam pelaksanaanya bisa di cicil menjadi dua hari seperti hari sabtu kita bisa wax di panel bagian kiri dan kap dan besoknya bagian kanan,atap dan belakang.

Sedangkan untuk bagian velg ada beberapa jenis perawatanya, untuk yang standar mungkin cukup mudah kita bersihkan,tapi untuk  berdesain jari-jari  sangat sulit saat membersihkannya lantaran mempunyai celah yang sulit dijangkau dengan jari tangan.

1.Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan  jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya tunggu sampai dingin.

2.Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg.

3.Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan shampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.

4.Untuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya basahi dulu velg dan diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.

5.Jika terdapat “emas hitam” (aspal), maka noda ini biasanya tidak mempan jika dihilangkan hanya dengan shampo. Untuk itu, bisa pakai bensin atau minyak tanah. Selanjutnya, bersihkan velg dengan bantuan kompon agar bensin tidak meninggalkan noda.

6.Yakin sudah bersih? Keringkan velg dengan lap chamois. Khusus untuk velg krom, jika ingin benda ini kinclong, maka ditaburilah bedak, kemudian digosok dengan lap bersih. Anda juga bisa menggunakan wax khusus warna krom.


Sekian tips ringan yang diberikan oleh Harris dari workshop Brilliant Custom Paint, semoga hal ini dapat Anda gunakan untuk membantu merawat kendaraan Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s