Informasi Otomotif @BosMobil

Upgrade Mesin Sesuaikan Budget


Tidak sedikit yang mengira bahwa mobil city car tidak dapat diajak untuk berakselerasi atau melaju dengan cepat. Karena kebanyakan mobil tersebut mempunyai kapasitas mesin yang kecil yaitu maksimal 1500cc dan diperuntukan untuk daily use. Tetapi jangan salah sangka, bukannya tidak bisa, tetapi hanya bisa dimaksimalkan mesinnya. Melalui bantuan Coki Siboro dari de Auto Motorsport mau berbagi tips cara memaksimalkan mesin di mobil berjenis city car. Tips kali ini dibataskan dengan budget yang ditentukan yaitu 5, 10, 15, dan diatas 15 juta rupiah.

Budget 5 Juta Rupiah

Dengan budget 5 juta rupiah, Coki menyarankan untuk memaksimalkan bagian intake dan exhaust. Bagian intake bisa dilakukan dengan pergantian filter udara berjenis open filter atau replacement. Kemudian untuk bagian exhaust dengan cara mengganti mulai dari manifold, downpipe, center pipe, berakhir di muffler. “Untuk mobil bertransmisi automatic, biasanya center pipe tidak diganti karena takut ngempos tenaganya. Tetapi ada juga yang perlu diganti. Semua tergantung desain nya.” ujarnya. Dari perubahan tersebut, Coki mengklaim bisa meningkatkan performa mesin yang cukup signifikan sebesar 8-15 horsepower.

Intake

Dengan budget maksimal 10 juta rupiah, semua perubahan yang ada di budget 5 juta rupiah bisa dilakukan, tetapi dengan penambahan piggyback yang berguna untuk

Exhaust--System

menipu ECU agar performa mesin lebih maksimal lagi. Coki mencontohkan untuk memakai merek yang banyak beredar seperti Dastek, Apexi, dan sebagainya. Dengan perubahan yang ada di budget 5 juta rupiah dan penambahan piggyback, Coki mengklaim tenaga mesin bisa meningkat sebesar 15-25 horsepower.

Sama seperti budget 5 juta rupiah dan 10 juta rupiah, tetapi dengan penambahan pengerjaan porting polish pada head mesin. Tujuannya untuk mengoptimalkan masuknya udara dan bensin yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Karena lebih optimal, maka performa mesin yang dihasilkan akan lebih baik dari standarnya. Dengan penambahan pengerjaan porting polish ditambahkan dengan pengerjaan yang ada di budget 5 dan 10 juta rupiah, Coki mengklaim tenaga mesin akan meningkat sebesar antara 20-30 horsepower.

Untuk budget di atas 15 juta rupiah, maka bisa dilakukan dengan pergantian internal mesin. Misalnya dengan pergantian piston yang mempunyai kompresi tinggi, pergantian camshaft, dan lain-lain. Kompresi meningkat otomatis akan mempercepat pembakaran, dan berefek akan menambah tenaga yang dihasilkan mesin.

Alternatif lainnya juga bisa dengan penambahan turbo sistem pada mesin. Penambahan turbo bisa dengan cara custom ataupun bolt-on yang sudah banyak dijual di pasaran. Biasanya penambahan turbo bolt-on memang dikhususkan untuk jenis mobil tersebut, jadi tidak menemukan kendala dalam pemasangan.

Porting-Polish-Head

Dengan penambahan turbo, Coki dapat mengklaim dengan pengerjaan tersebut, tenaga mesin bisa meningkat diatas 50%. Jika harus custom, akan membutuhkan waktu yang lama. “Ya betul karena mobil city car kan diperuntukan untuk harian, jadi parts aftermarket jarang yang membuat internal mesin maupun turbo untuk mobil city car. Ujung-ujungnya harus custom. Biasanya mereka membuat parts aftermarket untuk mobil yang berjenis sport seperti Mitsubishi Evolution, atau Nissan Skyline”. Tutup Coki lewat telepon.

Nah, dari semua penjelasan tersebut, anda bisa memilih sesuai dengan budget yang anda punya. Tetapi tim BosMobil tetap selalu mengingatkan agar unsur keselamatan tetap diperhatikan yah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s