Informasi Otomotif @BosMobil

Bagaimana cara merawat Ban..?? ini dia Tips & Triknya >>


Merawat “si” Karet Bundar

Menurut sumber dari Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, sebanyak 660 kasus kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin dalam sebuah ban dan memakan korban luka berat sebanyak 33 ribu per tahunnya, coba Anda bayangkan bagaimana pentingnya sebuah karet bundar yang melingkar di pelek kendaraan Anda. Bahkan dengan adanya sebuah penelitian yang disponsori oleh Rubber Manufacturers Association (RMA) baru-baru ini, yang dilakukan terhadap 1000 orang pengemudi di seluruh negara bagian, menemukan fakta-fakta seperti :

·         63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan

·         Hanya 19% dari para pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan ban mobil mereka

·         Tiap bulan, tiga dari empat pengendara mobil mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka.

Percaya tidak percaya, bila Anda rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam ukuran tekanan yang seharusnya maka Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM. Nah untuk itu ada beberapa pesan atau wejangan dari bosmobil.com, mengenai bagaimana memperlakukan atau merawat si karet bundar :

1.      Jangan tunggu ban rusak. Biasakan selalu memeriksa tekanan ban mobil Anda, paling sedikit sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan lapisan mudah panas karena besarnya gesekan dengan aspal, sehingga membuat ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

2.      Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan, atau dari emblem karet di seputar lingkaran ban sendiri.

3.      Untuk pengukuran yang tepat atau valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil habis digunakan menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.

4.      Jangan lupa pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional.

5.      Gunakan uang koin sebagai penunjuk apakah ban Anda masih layak atau sudah botak alias rata dan harus diganti. Letakkan uang koin di tapak ban mobil, jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

6.      Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

7.      Agar lebih awet, buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

8.      Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

9.      Cek keseimbangan atau balance dari ban mobil secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

10.  Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

Semoga dapat bermanfaat yaah…selain ban terawat, Anda juga dapat menghemat biaya lebih banyak lagi.

2 responses

  1. Nice posting dan nice info, trmksh

    Mei 24, 2011 pukul 12:47 pm

    • ok dech bos,, mw yang lebih lengkap lg bos..? neh bos http://bit.ly/dl6bkE

      Mei 25, 2011 pukul 1:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s