Informasi Otomotif @BosMobil


Honda Freed PSD – Out Of The Box


Siapa yang menyangka kalau mobil ini diikutkan dalam ajang drag race. MPV yang lekat dengan image mobil keluarga ternyata bisa juga diajak ngebut di ajang balap lurus, hal ini dibuktikan oleh Yudi Hendrayana dengan tunggangan kesayangannya, Honda Freed tipe PSD A/T lansiran tahun 2009.

Honda Freed bergaya racing dari club F3C ini bukan sekedar tampilan luarnya saja. Belum lama ini Honda Freed PSD miliknya mengikuti ajang drag race yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul pada tanggal 21 – 22 Mei 2011 lalu. Meskipun tidak juara, tapi ini merupakan hal yang langka, karena sepanjang gelaran ini hanya Honda Freed milik H.Yudi  yang  terlihat di lintasan drag, ditambah dengan transmisi dari Honda Freed yang automatic, cukup tidak umum untuk dipakai balap lurus.

Oke bos… Kurang pas rasanya kalau kita tidak membahas detail mobil ini satu-persatu. Di bagian eksterior mobil ini disematkan bodi kit full Mugen keluaran pabrikan Honda, dikolaborasikan dengan pemakaian engine hood berbahan karbon dari bengkel modifikasi H2O Bodywork di Bandung sehingga menambah gahar tampilan-nya. Lompat ke bagian sektor kaki-kakinya, Velg OZ Racing berdiameter 15” dan dibalut dengan si karet bundar Achilles 123 dengan ukuran 195/50-R15 menjadi pilihan untuk berlaga di lintasan drag. Sedangkan peredam kejut atau suspensi menggunakan RSR, serta dipadu dengan rem Option Brake Kit 6 port.

Masuk ke bagian interior, karena mobil ini diperuntukan untuk balap, jok di bagian tengah dan belakang dipensiunkan dan hanya menyisakan dua jok paling depan agar bobot kendaraan berkurang. Sementara dua jok yang tersisa digantikan dengan jok racing Bride Cuga Carbon berwarna hitam yang di sandingkan Scrotch Seat Belt 4 Point. Sementara di bagian dahsbord terdapat panel indikator tambahan seperti turbo timer PIVOT, modul Dastek dan Pivot Throttle modul.

Pindah ke bagian mesin masih menggunakan aslinya berkapasitas 1500cc. Tetapi H.Yudi mencangkok turbo pada sektor mesin yang bisa nge-boost hingga 0,8 bar. Hal tersebut tentunya dengan dukungan penggunaan Piston dan Ring Piston dari CP Piston yang mempunyai spek low compression serta dipasangkan dengan turbo kit dari HKS, blow off HKS Black Edition, dan Intercooler dari HKS. Sedangkan untuk pengapiannya, mobil ini menggunakan busi NGK Iridium sebagai penyempurnaan ruang bakar. Sedangkan untuk penyempurnaannya, H.Yudi melengkapi piggyback Dastek Unichip. Untuk bagian lainnya seperti transmisi masih menggunakan standar Honda Freed. “Untuk transmisi masih menggunakan standarnya, karena transmisi ber-spek racing untuk Honda Freed belum tersedia di pasaran.” papar pria asal garut ini yang masih kental dengan logat sundanya. Untuk sektor mesin, H.Yudi mempercayakan kepada bengkel SS Performance di Bandung.

Dengan ubahan mesin tersebut, walhasil pada gelaran balap lurus yang lalu, mobil keluarga ini mampu membesut best time  17.537 detik pada kelas 17 detik, sedangkan kelas 18 detik mobil ini mampu best time 18.267detik. Hasil yang cukup memuaskan untuk mobil bertransmisi Automatic pada Honda Freed PSD.

Data Modifikasi :

Eksterior : Body Kit Full Mugen, Fog Lamp Bohlam Led, Clear Stop Lamp, Carbon Hood, Towing Hook.
Interior : Jok Bride Cuga Carbon Hitam, Plafon MB Tech Hitam, Kaca Fim 3M, Turbo Timer, Modul Dastek, Pivot Throttle modul, Pedal Set Mugen.
Mesin : Turbo Kit HKS, Blow Off HKS Black Edition, Intercooler HKS, Piston dan Ring Piston CP Piston Low Compression, NGK Iridium, Dastek Unichip, Exhaust Custom 2”.
Kaki-Kaki : Velg OZ Racing R15, Achilles 123 195/50-R15, Suspensi RSR, Option Brake Kit 6 port.

Bodi : H20 Bodywork, Bandung.
Mesin : SS Performance, Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s